Jumat, 10 Oktober 2008

“Jambu Air Hijau”


Jambu Air (Syzygium samarangense) adalah spesies tumbuhan dalam suku Myrtaceae yang berasal dari Indonesia dan Malaysia. Pohon Jambu Air dapat tumbuh mencapai ketinggian duabelas meter dengan dedaunan hijau berukuran antara 10 sampai 25 cm. Bunganya berwarna putih berdiameter 2,5 cm. Spesies ini memiliki buah berbentuk lonceng /genta yang beraneka warna, berukuran antara 4 sampai 6 cm. Pada umumnya buah Jambu Air berwarna merah muda, namun ada juga ditemukan buah Jambu yang berwarna hijau pucat, putih, merah tua, hijau dan hitam. Daging buahnya berwarna putih dan mempunyai rasa manis dan garing, serta mengandung banyak air. Ulat buah dan telurnya sering ditemukan di buah yang bagian bawahnya tidak tertutup rapat. Jambu Air banyak dibudidayakan di negara-negara tropis lainnya. Klasifikasi Ilmiah Jambu AirKlasifikasinya Jambu Air sebagai berikut :
Kerajaan:Plantae
Divisio:Magnoliophyta
Kelas:Magnoliopsida
Ordo:Myrtales
Familia:Myrtaceae
Genus:Syzygium
Spesies:S. samarangense

Nama binomial : Syzygium samarangense (Blume) Merr. & L.M.Perry, 1938)

Spesifikasi Plasma Nutfah Jambu Air

Jenis jambu air yang dijumpai di Nusa Tenggara Barat tidak terlalu banyak. Terdapat kesamaan jenis jambu yang tumbuh pada setiap kabupaten. Jambu yang tumbuh di kabupaten Lombok Barat dijumpai pula di kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima.

Terdapat 2 jenis jambu air yang banyak ditanam, tetapi keduanya tidak begitu menyolok perbedaannya. Ke dua jenis tersebut adalah Syzygium quaeum (jambu air kecil) dan Syzygium samarangense (jambu air besar).

Jambu air beraneka warna, namun yang ditampilkan kali ini adalah jambu air besar yang memiliki wana buah hijau, karena memiliki keunggulan rasa buah manis segar, daging buah renyah dan tahan terhadap hama (terutama ulat buah). Untuk lebih jelasnya, disajikan pada Tabel dibawah ini.

Data Paspor Plasma Nutfah Jambu Air Bulat daging tebal, Desa Tanak Beaq, Narmada, Lombok Barat, 2006

UraianKeterangan
Nama JambuJambu Hijau Bulat
Tipe ConTanaman
Umur Tanaman± 5 Tahun
Macam BibitCangkok
Status ConVarietas lokal
Alamat Batu kuta, Lombok Barat, NTB
Tempat tumbuhPekarangan
Tanaman SekitarBunga, sayuran
Sifat PentingWarna buah hijau, bentuk bulat menarik, rasa daging buah manis dan lunak, daging buah tebal, bagian bawah buah agak menonjol keluar, cukup tahan terhadap hama ulat buah

Data Paspor Plasma Nutfah Jambu Air Hijau Genta, Labuan Pandan,Sambelia, Lotim, 2006.

UraianKeterangan
Nama JambuJambu Hijau Genta
Tipe ConTanaman
Umur Tanaman± 5 Tahun
Asal BibitCangkok
Status ConVarietas lokal
Alamat Desa labuan pandan kec.sambelia Lombok Timur
Tempat tumbuhPekarangan
Tanaman SekitarPisang, kelapa, mangga
Sifat PentingWarna buah hijau, bentuk buah genta/lonceng, rasa daging buah manis, renyah dan buah tahan terhadap hama ulat buah

Tidak ada komentar: